Friday, 27 January 2017

Anda Penggemar Seafood? Cermati Ciri-ciri Seafood yang Segar Berikut Ini Sebelum Dimasak.



Memilih bahan makanan yang segar merupakan langkah awal yang dibutuhkan untuk menciptakan masakan yang sedap dan lezat. Bahan makanan yang masih fresh terdapat kandungan protein dan kadar gizi yang tinggi di dalamnya. Bagi Anda penggemar seafood, sangat penting untuk mengetahui ciri-ciri seafood yang segar sebelum dimasak.

Aneka Seafood Segar dan Fresh
Seafood merupakan aneka bahan makanan laut. Seafood yang masih segar biasanya seafood yang masih hidup. Seafood yang sudah mati dan tidak didinginkan biasanya tidak tahan lama, mudah busuk dan berbau tidak sedap. Seafood yang tidak tahan lama biasanya seafood yang tidak berpengawet. Hindari aneka bahan makanan laut yang tidak mudah busuk, karena kemungkinan besar mengandung pengawet seperti formalin yang dapat memicu kanker apabila dikonsumsi terus menerus.  

Penting untuk mengetahui bagaimana memilih seafood yang segar, khususnya bagi para ibu-ibu rumah tangga dan chef. Mengolah makanan berbahan seafood perlu memperhatikan beberapa hal untuk mempertahankan citra rasa yang sedap, lezat, dan kandungan protein serta omega 3. Seafood sangat baik dikonsumsi ibu hamil dan untuk pertumbuhan anak-anak karena mengandung banyak gizi.

Kenali beberapa ciri-ciri seafood yang segar berikut ini diantaranya ikan, udang, kepiting, cumi-cumi, dan kerang.
1.    Ikan Segar
Ikan Segar Setelah Dibersihkan dan Siap Dimasak
·         Mata Ikan.
Ciri ikan yang segar adalah memiliki mata yang masih bening dan terang. Posisi mata ikan terlihat menonjol. Meskipun disentuh, mata tidak akan pindah atau masuk kedalam. Itulah ciri ikan segar alami jika diamati dari bagian matanya.
·         Sisik dan bau atau aroma ikan.
Ikan yang segar sisik terlihat mengkilap, bersih, dan terang. Selain itu, sisik masih menempel pada ikan. Aroma ikan yang segar masih berbau air laut, tidak berbau busuk.
·         Insang Ikan.
Ciri ikan segar memiliki insang yang berwarna merah segar. Terkadang terlihat warna dari darah yang masih segar. Bebas dari lendir dan bau amis. Jika warna insang keabu-abuan berarti ikan tidak fresh. Hindari juga warna insang yang merah kegelapan karena indikasi adanya bahan pengawet.
·         Daging Ikan.
Daging ikan segar biasanya berwarna cerah dan tidak pucat. Hindari daging ikan yang terasa terlalu kenyal karena kemungkinan diberi pengawet.

2.    Udang Segar
Udang Segar, Kulit Bersih dan Keras

Ciri utama udang segar adalah dagingnya yang masih keras apabila ditekan, tidak lembek. Selain itu, warna udang bersih dan tidak terdapat bintik-bintik hitam. Antar bagian udang masih utuh satu kesatuan antara kulit, kepala, dan kaki. Aroma amis khas udang masih tercium, jika berbau menyengat seperti bau busuk, berarti udang tidak layak untuk dimasak. 


3.    Cumi Segar
Cumi Segar Terlihat Utuh Seluruh Bagian Tubuh

Cumi yang segar pada umumnya memiliki lendir yang bersih dan jernih melapisi tubuhnya. Dagingnya terasa kenyal dan empuk, tidak lembek. Cumi yang segar juga terlihat dari bagian kepala cumi yang masih menempel dibadannya. Mata cumi biasanya juga terlihat bening dan aroma cumi tidak berbau busuk.


4.    Kepiting Segar
Cukup mudah untuk memilih kepiting segar. Jika mata kepiting masih bergerak keluar masuk, berarti kepiting masih hidup. Pilihlah kepiting segar yang masih hidup agar lebih sedap saat dimasak.  
Kepiting Segar, Besar, dan Sehat
Cara lain untuk mengetahui kepiting segar adalah tekan bagian belakang kepiting dengan jari Anda, jika terasa keras berarti kepiting tersebut segar, sehat dan gemuk. Hindari bagian belakang kepiting yang gembos atau kosong. Apabila kepiting diangkat dan terasa ringan berarti daging kepiting juga kurang berisi. Dan, pastikan Anda memilih kepiting yang anggota tubuhnya masih utuh secara keseluruhan. 

5.    Kerang Segar
Warna Daging Kerang Segar
   Untuk kerang yang bercangkang, pilihlah kerang yang memiliki cangkang terbuka. Cangkang yang terbuka berarti kerang masih hidup. Kerang yang hidup lebih segar dan sedap jika dimasak. Untuk kerang yang tidak bercangkang atau telah dikupas, pilihlah daging kerang yang padat dan utuh, serta warna daging kerang tidak berubah, jika berubah berarti kerang telah busuk.

Demikianlah beberapa informasi ciri-ciri seafood yang segar sebelum dimasak. Pastikan Anda memilih seafood yang segar dan higienis untuk melindungi kesehatan keluarga Anda. Selain itu, pilihlah seafood yang segar agar dapat diolah menjadi menu masakan yang sedap dan lezat. Kandungan protein dan gizi didalamnya juga masih lengkap. Oleh karena itu, mulailah gaya hidup sehat dengan memilih bahan makanan seafood yang segar atau fresh.

No comments:

Post a Comment