Thursday, 22 December 2016

Hidup Sehat dengan Sayur Kailan: Tahukah Anda 11 Khasiat Sayur Kailan bagi Tubuh?

Baby Kailan (Sayur Kailan Kecil)
Tentu sebagian besar masyarakat Tionghoa telah mengenal jenis sayuran yang satu ini, yaitu Kailan.Ya, tentu saja karena sayur Kailan ini sangat terkenal di China. Sayuran ini seringkali dijumpai pada jenis masakan Chinese Food. Namun, tak perlu khawatir, jenis sayuran ini sudah banyak kita jumpai di pasar-pasar tradisional atau supermarket di Indonesia. Pada umumnya, sayur Kailan ini diolah dengan cara ditumis bersama dengan bahan lainnya seperti bawang putih, daging sapi, saus tiram dan lain-lain. Seluruh bagian sayur kailan ini dapat dikonsumsi, mulai dari batang hingga daun. 


Sayur Kailan ini dapat diklarifikasikan sejenis dengan kembang kol atau brokoli. Dibandingkan dengan kedua jenis sayuran tersebut, Kailan memiliki nilai gizi yang paling tinggi.
Tahukah Anda bahwa sayur Kailan memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap bagi tubuh? Kailan kaya akan kandungan vitamin, kalsium, luthein, serat, mineral dan protein, serta nutrisi lainnya. Warna hijau sayur kailan ini mengandung vitamin A, C, E, dan K yang sangat tinggi daripada jenis sayuran hijau lainnya. Oleh karena itu, sayur kailan ini sangat bermanfaat sebagai penghasil antioksidan yang baik bagi tubuh.
Nah, berikut ini mari kita simak Khasiat Sayur Kailan Bagi Kesehatan Tubuh karena kandungan nutrisi yang tinggi didalamnya.
  1. Mengurangi tingkat kolesterol dalam tubuh.
Kandungan vitamin K dan serat dalam sayur Kailan dapat mengurangi kadar lemak dalam darah sehingga mengurangi resiko penyumbatan pembulu darah. Oleh karena itu, jenis sayuran ini dapat mencegah terjadinya serangan jantung atau stroke akibat timbunan lemak dalam darah.
  1. Mencegah pembentukan sel kanker.
Zat hijau atau klorofil pada sayur Kailan memiliki peranan sebagai antioksidan dalam tubuh yang dapat mengurangi resiko kanker. Ketika kita mengkonsumsi Kailan, maka tubuh kita akan menghasilkan enzim yang berfungsi menyerang sel-sel kanker. Menurut beberapa ahli, sayur Kailan ini merupakan salah satu jenis sayuran Anti Kanker.
  1. Membantu menurunkan resiko diabetes.
Selain mengandung berbagai vitamin, sayur Kailan juga mengandung asam lemak omega 3 yang berfungsi untuk menstabilkan kadar gula yang berlebihan dalam darah. Sebaiknya, dikonsumsi secara rutin dan hindari merebus Kailan dalam air terlalu lama, karena akan mengurangi kandungan nutrisi di dalamnya.
  1. Membantu mengatasi sembelit.
Kandungan serat pada Kailan ini sangat tinggi, sedangkan kadar lemaknya tidak ada sehingga sayuran ini sangat baik untuk melancarkan buang air besar. Dan tentunya memelihara kesehatan pencernaan Anda, seperti lambung dan usus.
  1. Mencegah terjadinya anemia.
Kandungan nutrisi lainnya yang terdapat pada Kailan yaitu zat besi. Ketika kita mengkonsumsi kailan, kadar zat besi yang dihasilkan sayur Kailan lebih tinggi daripada saat kita mengkonsumsi daging sapi. Dengan demikian, sayur kailan dapat membantu pembentukan hemoglobin, memperbarui sel-sel tubuh, menghasilkan oksigen ke seluruh tubuh dan mencegah resiko terjadinya animea.

Sayur Kailan Mengandung Nutrisi yang Dibutuhkan Tubuh

  1. Membantu menjaga kesehatan mata.
Selain vitamin K, sayur Kailan juga mengandung vitamin A dan Luthein yang baik bagi kesehatan mata, khususnya mencegah dan memelihara mata akibat kemungkinan terjadinya kerusakan retina mata akibat efek sinar ultraviolet.
  1. Membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi.
Kalsium yang terkandung dalam sayur Kailan berdampak positif pada kekuatan tulang dan gigi. Hal ini tentu menghindarkan kita dari resiko Osteoporosis. Menurut pendapat ahli gizi, kandungan kalsium pada sayur Kailan lebih tinggi dibandingkan dengan di dalam susu. Oleh karena itu, sayur Kailan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai pengganti susu, apabila Anda alergi terhadap susu.
  1. Membantu memelihara kesehatan kulit.
Kandungan klorofil pada sayur kailan, kadar vitamin C dan E yang mampu menghasilkan antioksidan alami bagi tubuh memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan kulit. Beberapa kandungan tersebut akan perperan untuk menghasilkan kolagen dalam tubuh. Dimana, kolagen berfungsi untuk membuat kulit terlihat lebih cantik dan bersih, terhindar dari penuaan dini akibat keriput pada wajah.
  1. Membantu untuk program diet/mengurangi berat badan.
Bagi Anda yang berusaha untuk mengurangi kalori dalam tubuh, Anda dapat mengkonsumsi sayur Kailan yang mengandung serat alami. Serat ini mampu mempercepat metabolisme tubuh dan membakar kalori sehingga akan terasa kenyang lebih lama dan mengurangi berat badan Anda.
  1. Menambah asupan gizi bagi ibu hamil.
Asupan gizi pada ibu hamil merupakan hal penting untuk diperhatikan. Ibu yang sehat akan menjaga janin tetap sehat. Ibu hamil yang mengkonsumsi Kailan dapat mengurangi beberapa resiko buruk yang terjadi pada janin, seperti bayi terlahir cacat. Kandungan nutrisi yang lengkap pada Kailan dapat membantu pertumbuhan janin dan meningkatkan produksi ASI ibu.
  1. Meningkatkan kesehatan otak.
Kandungan asam lemak omega 3 dalam sayur Kailan ini mencegah terjadinya kerusakan otak atau gangguan otak. Kandungan vitamin K dan asam lemak omega 3 ini berfungsi untuk memelihara kesehatan otak Anda dan mencegah virus untuk masuk ke otak.

Demikian 11 khasiat yang terdapt pada sayur Kailan. Semoga informasi mengenai sayuran sehat ini dapat berguna bagi Anda untuk lebih selektif dalam memilih sayuran untuk dikonsumsi. Pada dasarnya sayur kailan ini membantu daya tahan tubuh dan sistem imun sehingga tidak mudah terserang penyakit. Nah, oleh karena itu, mulai terapkan gaya hidup sehat Anda dengan mengkonsumsi sayur Kailan.


No comments:

Post a Comment