Tuesday, 14 March 2017

8 Jenis Makanan Ini Berbahaya Jika Dipanaskan Berulang Kali.



Menjadi ibu rumah tangga, bukanlah hal mudah. Hal utama tugas seorang ibu adalah menyiapkan menu makanan yang sehat dan bergizi bagi keluarga. Terkadang hal tersebut membuat pusing para ibu. Menu masakan apa yang cocok untuk beberapa hari berikutnya. Belum lagi jika para ibu juga sibuk bekerja di luar rumah. 


Ibu yang pintar adalah ibu yang mampu membagi waktunya dan selalu memiliki ide-ide baru dalam menciptakan menu masakan yang lezat. Sudah menjadi suatu kebiasaan juga untuk memanaskan kembali sisa makanan hari ini untuk menu sarapan hari berikutnya. Biasanya sisa makanan hari ini kita masukkan dulu ke dalam lemari es, baru keesokan harinya dikeluarkan kemudian dipanaskan kembali.


Kebiasaan memanaskan kembali sisa makanan dipengaruhi oleh berbagai faktor. Faktor utama, makanan itu memang kelebihan porsinya dan berniat untuk dimakan lagi pada keesokan harinya untuk makan pagi. Faktor yang kedua, memanaskan kembali makanan dianggap lebih praktis dan menghemat agar keesokan harinya para bunda tidak bingung-bingung lagi untuk membuat menu masakan baru.


Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak semua makanan boleh dipanaskan kembali. Memanaskan kembali makanan berarti mengubah kandungan makanan didalamnya. Kandungan nutrisi didalamnya pun menjadi berkurang. Beberapa makanan pun rasanya menjadi berbeda. Bahkan, tanpa kita sadari menjadi racun dalam tubuh jika terus melakukan kebiasaan tersebut. 


Makanan apa saja yang sebaiknya jangan dipanaskan? Berikut ini informasi lengkapnya. 


  1. Kentang. Kentang pada saat dimasak justru sangat baik untuk melengkapi kandungan nutrisi Anda karena kandungan karbohidrat yang tinggi. Namun, saat Anda memanaskannya kembali keesokan harinya, maka nutrisi kentang akan hilang. Zat karbodirat yang tinggi akan berubah menjadi senyawa yang beracun ketika terkena panas. 
    Sebaiknya jangan memanaskan kentang berulang kali.
  1. Bayam. Menurut penelitian, bayam banyak mengandung senyawa NO3 (Nitrat). Oleh karena itu, hindari untuk memanaskan bayam kembali. Karena dapat menyebabkan senyawa NO3 (Nitrat) berubah menjadi Nitrit (NO2). Berubahnya senyawa tersebut memicu karsinogenik yaitu zat beracun yang menyebabkan kanker. Tentu hal itu sangat berbahaya di dalam tubuh. Jadi, sebaiknya hindari untuk memanaskan kembali sayur bayam.
    Bayam mengandung zat NO3 yang berbahaya jika dipanaskan kembali.
  1. Jamur. Setelah jamur dimasak dan matang, sebaiknya kita langsung mengkonsumsinnya. Jamur merupakan makanan yang mengandung banyak nutrisi dan mineral yang sehat bagi tubuh. Namun, jamur akan mengalami perubahan senyawa apabila dipanaskan kembali. Nutrisi yang sehat bagi tubuh menjadi berkurang dan justru akan membahayakan pencernaan. Hal itu ditandai dengan perubahan rasa dan warna pada jamur. Jadi, sebaiknya jangan memanaskan jamur berulang kali. Jika ingin mengkonsumsi kembali sebaiknya dalam keadaan dingin.
    Jamur akan mengalami perubahan senyawa jika dipanaskan kembali.
  1. Seledri. Sayur seledri yang sering kita jumpai pada aneka sup, ternyata juga tidak baik jika dipanaskan berulang kali. Seledri memiliki kandungan senyawa yang sama pada bayam yaitu NO3 (Nitrat). Namun, kadarnya tidak sebanyak pada sayur bayam. Senyawa tersebut jika terkena panas akan berubah menjadi NO2 (Nitrit) yang di dalam tubuh dapat memicu kanker. Sebaiknya, ambil potongan seledri dalam masakan sebelum dipanaskan kembali.
    Seledri juga mengandung zat NO3. Berbahaya jika dipanaskan lagi.
  1. Ayam. Memanaskan kembali ayam merupakan kebiasaan umum yang sering kita lakukan. Tanpa kita sadari memanaskan ayam berulang kali dapat mengkikis kandungan protein dalam ayam. Ayam menjadi terasa tidak sedap dan hambar. Hal tersebut juga dapat mengganggu pencernaan. Oleh karena itu, sebaiknya panaskan ayam dengan api kecil saja dan jangan terlalu lama.
  1. Telur. Hindari memanaskan berulang kali telur yang masih utuh dengan kuning telur di dalamnya. Hal tersebut berbahaya bagi pencernaan. Kandungan telur terutama kuning telur dapat berubah menjadi racun. Selain itu, kandungan protein dalam telur juga berkurang.
  1. Nasi Putih. Berdasarkan penelitian, memanaskan kembali nasi putih dengan cara yang salah akan meningkatkan kandungan spora. Pertumbuhan spora tersebut memicu munculnya bakteri yang dapat mengganggu pencernaan. Gejalanya adalah diare dan muntah-muntah. Sebaiknya, nasi putih yang lebih dimasukkan dulu ke dalam lemari es selama kurang lebih 12 jam, sebelum dipanaskan.kembali. Tujuannya agar pertumbuhan spora tidak berkembang. 

  1. Jajanan Gorengan. Gorengan yang menjadi makanan favorit untuk camilan, tidak dianjurkan untuk dipanaskan kembali. Gorengan memang lebih lezat dinikmati saat hangat. Namun, menggoreng kembali gorengan yang sudah dingin menyebabkan kadar lemak bertambah. 
Bagi calon ibu rumah tangga perlu halnya memperhatikan jenis makanan apa saja yang boleh dipanaskan. Sebenarnya, jika dipanaskan dengan cara yang benar, kita dapat terhindar dari berbagai masalah kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk selalu menerapkan gaya hidup sehat.


No comments:

Post a Comment

Masukan Kata Kunci yang Anda Cari. Contoh: Resep Ikan, Ayam, Daging, Enak, Mudah, Sayur