Saturday, 18 March 2017

3 Tips Mengolah Kangkung Agar Tetap Hijau dan Bernutrisi Saat Dimasak.


3 Tips Mengolah Kangkung Agar Tetap Hijau dan Bernutrisi Saat Dimasak.


Biasanya kangkung merupakan menu sayuran yang cocok untuk melengkapi menu lauk pauk Anda. Kangkung menjadi pilihan utama karena cara mengolahnya yang simpel dan praktis. Ya, yaitu cah kangkung atau tumis kangkung merupakan masakan favorit yang sering kita jumpai.


Segala jenis sayur termasuk kangkung merupakan sayuran yang kaya serat dan nutrisi. Untuk keseimbangan nutrisi tubuh tentu kita membutuhkan aneka olahan sayur seperti kangkung. 


Namun, perlu diperhatikan memasak kangkung terlama lama akan menghilangkan kandungan nutrisi didalamnya. Cirinya warna kangkung sudah tidak terlihat hijau dan rasanya terlalu lunak.


Memasak kangkung yang baik, kondisi kangkung sebaiknya masih berwarna hijau dan masih terasa “kres-kres” dari daun hingga batangnya. Namun, bukan berarti sayur kangkung belum matang ya.


Nah, memasak kangkung supaya matang tapi tetap hijau dan bernutrisi ternyata ada tipsnya. Apa saja beberapa teknik yang bisa dilakukan ketika memasak kangkung?


Ini dia beberapa Tips Mengolah Kangkung Agar Tetap Hijau dan Bernutrisi Saat Dimasak.

1.    Pilih kangkung yang bagus dan berkualitas.

Pilihlah kangkung yang masih segar, hijau dan tidak layu. Hindari juga daun yang sobek-sobek.


2.    Sebaiknya tidak menambahkan air saat memasak kangkung.

Terlalu banyak air akan membuat nutrisi kangkung terkikis. Kangkung akan mengeluarkan air dengan sendirinya ketika ditumis/dimasak. Anda bisa menambahkan sedikit air perasan jeruk lemon. Kemudian aduk rata dan sajikan.


3.    Memasak kangkung menggunakan api besar.

Semakin lama kangkung dimasak di atas api, semakin cepat kangkung akan berubah warna menjadi agak gelap dan terlalu lunak. Akibatnya citra rasa kangkung berkurang dan nutrisinya pun berkurang. Ketika Anda menumis atau memasak kangkung, sebaiknya gunakan api yang besar. Tujuannya supaya kangkung cepat matang dan akan meminimalisir perubahan warna pada kangkung. Karena itu, kangkung akan tetap berwarna hijau. Dan nutrisi dalam kangkung masih ada.



Dengan tips mengolah kangkung agar tetap hijau dan bernutrisi diatas, kita tetap dapat menikmati olahan sayur kangkung dengan kesegaran warna hijau dan nutrisi yang lengkap. Anda akan terhindar dari warna kangkung yang kehitaman dan kurang sedap. Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda dan keluarga dalam menciptakan makanan yang sehat.

No comments:

Post a Comment

Masukan Kata Kunci yang Anda Cari. Contoh: Resep Ikan, Ayam, Daging, Enak, Mudah, Sayur