Monday, 27 March 2017

5 Tips Memasak Nasi Menggunakan Rice Cooker Agar Tidak Cepat Basi.


Cara paling mudah dan praktis untuk memasak nasi adalah menggunakan rice cooker. Dalam waktu sebentar saja, nasi sudah matang dan tetap terasa hangat di dalam rice cooker.

Namun, seringkali muncul beberapa kendala saaat memasak dan menyimpan nasi di dalam rice cooker. Salah satunya adalah nasi menjadi mudah basi. Selain itu, nasi berubah menjadi warna kuning dan kering.
Jika nasi dalam rice cooker sudah mengalami kondisi tersebut, berarti nasi sudah tidak layak dikonsumsi. Kandungan gizi dalam nasi pun sudah terkikis. 

Nah, untuk para ibu tangga sebaiknya wajib mengetahui 5 tips memasak nasi menggunakan rice cooker ini agar tidak cepat basi. Selain untuk menjaga agar tidak mudah basi, kondisi nasi yang masih bagus juga lebih sehat dan kandungan gizi masih terjaga.

Memasak Nasi Menggunakan Rice Cooker Agar Tidak Cepat Basi.
Berikut ini adalah 5 Tips Memasak Nasi Menggunakan Rice Cooker Agar Tidak Cepat Basi.

1.        Mencuci beras sampai bersih
Pastikan untuk mencuci beras sampai bersih sebelum dimasak. Mencuci beras hingga bersih akan membuat nasi menjadi lebih putih dan bersih. Selain itu, kondisi nasi setelah masak terasa lebih enak dan tidak kering.

2.        Tambahkan jeruk lemon
Sebelum memasak nasi, sebaiknya tambahkan beberapa tetes air jeruk lemon dalam beras. Air jeruk lemon bertujuan untuk membuat tekstur nasi menjadi lembut dan lebih putih. Kandungan antioksidan dalam air jeruk lemon juga dipercaya untuk membuat nasi menjadi tidak mudah basi dan kering.

3.        Aduk nasi ketika memasak
Tips selanjutnya adalah aduk nasi sesekali saat proses memasak dalam rice cooker. Tujuannya agar tingkat kematangan nasi menjadi rata dan membuat tekstur nasi menjadi lebih lembut. Selain itu, uap air pada saat proses memasak nasi tersebar rata sehingga mengurangi terjadinya nasi yang kering.

4.        Masak untuk sekali makan
Nasi yang baik dan bergizi adalah nasi yang dinikmati setelah baru matang dan fresh. Karena itu, sebaiknya masak nasi untuk sekali makan. Sebagai contoh, masak nasi di pagi hari untuk makan pagi. Masak nasi di siang hari untuk makan siang dan masak nasi di malam hari untuk makan malam.
Hindari memasak nasi di pagi hari hingga digunakan untuk makan malam. Nasi yang terlalu lama di rice cooker terasa sudah tidak fresh dan mengalami perubahan tekstur. 

5.        Menggunakan rice cooker berkualitas
Memilih rice cooker yang berkualitas juga mempengaruhi tekstur serta kondisi nasi setelah matang. Pastikan rice cooker yang Anda gunakan adalah rice cooker dengan kualitas dan elemen-elemen yang baik di dalamnya. Kandungan elemen dalam rice cooker yang rusak atau jelek juga bisa membuat nasi menjadi cepat basi, kuning dan kering. 

Itulah 5 Tips Memasak Nasi Menggunakan Rice Cooker Agar Tidak Cepat Basi. Hal tersebut perlu kita ketahui untuk menjaga agar setiap makanan yang kita konsumsi, termasuk nasi adalah makanan yang sehat dan bergizi untuk tubuh. Cukup mudah untuk melaksanakan 5 tips diatas. Nasi akan terasa lebih enak dan fresh sehingga cocok untuk dinikmati dengan berbagai macam lauk pauk. Semoga 5 Tips Memasak Nasi Menggunakan Rice Cooker Agar Tidak Cepat Basi ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Masukan Kata Kunci yang Anda Cari. Contoh: Resep Ikan, Ayam, Daging, Enak, Mudah, Sayur