Thursday, 30 March 2017

13 Tips Penting yang Perlu Diperhatikan Dalam Dunia Perdapuran. Ibu Rumah Tangga Wajib Tahu.



Tanpa kita sadari, sebenarnya begitu banyak teknik atau tips-tips yang perlu kita perhatikan dalam melakukan aktivitas memasak di dapur. Berbagai tips berikut ini setidaknya dapat membantu para ibu rumah tangga untuk mempermudah aktivitasnya di dunia perdapuran. Mulai dari cara merawat bahan makanan hingga peralatan masak atau mengatasi beberapa masalah dapur. 
Tips Penting yang Perlu Diperhatikan Dalam Dunia Perdapuran.
Beberapa saran atau tips di bawah ini semoga dapat memberikan solusi terhadap beberapa masalah umum yang seringkali para ibu rumah tangga temui ketika memasak di dapur. Yuk simak dengan cermat apa saja 13 Tips Penting yang Perlu Diperhatikan Dalam Dunia Perdapuran. Ibu Rumah Tangga Wajib Tahu.

1.        Supaya cabai tidak meletup-letup saat digoreng/ditumis, sebaiknya tusuk atau gores sedikit dengan pisau sebelum digoreng.

2.        Supaya saat disimpan tahu lebih awet, cuci bersih dengan air, siram dengan air panas, kemudian lap dengan tisu dapur, masukkan dalam tupperware, pastikan tertutup rapat dan masukkan dalam kulkas. Kurang lebih bisa tahan 1 minggu.

3.        Mengupas telur rebus supaya tidak susah, Anda dapat mencelupkan telur rebus tersebut ke dalam air es setelah telur matang/masih panas.

4.        Gunakan tes apung air untuk memeriksa apakah kondisi telur busuk atau tidak. Jika mengapung di atas air, tandanya kondisi telur sudah membusuk.

5.        Agar ikan tidak lengket di penggorengan, gunakan wajan khusus untuk menggoreng. Jangan sesekali menggunakan wajan yang pernah digunakan untuk menumis atau merebus. Karena akan membuat ikan lengket dan hancur. Sebaiknya, Anda bisa menaburkan sedikit garam pada wajan sebelum dituang minyak untuk menggoreng.

6.        Ketika membuat adonan kue menggunakan kocokan telur, gunakan telur dengan suhu ruangan yang normal, telur yang tidak dingin dari kulkas. Karena dapat membuat adonan kue menjadi tidak mengembang.

7.        Saat mencuci kangkung, selada air atau tanaman air lainnya jangan lupa tambahkan garam pada bilasan pertama. Kemudian rendam beberapa saat. Dengan tujuan binatang-binatang kecil di dalamnya mati seperti biasanya ulat, lintah, cacing air dan sebaginya. Biasanya pada brokoli dan kembang kol juga terdapat binatang-binatang kecil tersebut.

8.        Sering mencium bau tidak sedap pada kulkas Anda? Gunakan kentang yang sudah dibelah, simpan di dalam rak kulkas untuk menetralisir bau kulkas yang tidak sedap.

9.        Biasanya tangan akan terasa panas ketika terlalu lama memegang cabai (atau dalam basa Jawa wedhangen). Nah, untuk mengatasi rasa panas tersebut, sebaiknya Anda mencuci tangan sebanyak 2 kali dengan sabun hingga bersih, lap dengan kain bersih, kemudian masukkan tangan ke dalam beras, benam, dan remas-remas beras beberapa saat. Rasa panas wedhangen akan terasa hilang.

10.    Sehabis belanja dipasar biasanya sayuran kita simpan dalam kulkas dengan menggunakan tas kresek/plastik. Hindari hal tersebut karena embun dari sayuran itu akan tergenang pada tas kresek yang bisa menyebabkan sayuran cepat busuk. Sebaiknya gunakan alas koran atau kertas majalah atau biarkan sayuran di kulkas tanpa alas supaya tidak cepat busuk.

11.    Pernahkah Anda mengalami mata pedih ketika mengiris bawang merah? Solusinya letakkan wadah berisi garam di samping talenan ketika Anda mengiris bawang merah. Anda akan terhindar dari mata pedih.

12.    Noda bekas bumbu yang susah hilang di panci atau wajan atau pada peralatan masak lainnya yang bewarna kekuningan, seperti misalnya akibat noda kunyit, Anda dapat menghilangkannya dengan baking soda. Caranya ambil sesendok baking soda, beri sedikit air, gosokan pada bagian yang kena noda. Diamkan sebentar, lalu bilas dengan air. Jika noda masih menempel lakukan langkah tersebut beberapa kali hingga noda berkurang/hilang.

13.    Supaya beras aman dan terhindar dari kutu beras, letakkan sebungkus plastik berisi kopi di atas tumpukan beras dengan memberikan sedikit lubang kecil pada plastik. Bau aroma kopi diyakini tidak disukai oleh kutu beras sehingga beras tetap bersih terhindar dari kutu.

      Nah, itulah ke 13 Tips Penting yang Perlu Diperhatikan Dalam Dunia Perdapuran. Ibu Rumah Tangga Harus Tahu. Mungkin sebagian dari kita pernah mengalami berbagai problem dapur diatas. Semoga dengan ke 13 tips diatas dapat membantu untuk memberikan solusi agar aktivitas di dapur  Anda menjadi lebih mudah dan lebih sehat.


No comments:

Post a Comment

Masukan Kata Kunci yang Anda Cari. Contoh: Resep Ikan, Ayam, Daging, Enak, Mudah, Sayur