Saturday, 26 August 2017

10 Tips Sederhana dan Bermanfaat Seputar Dapur. Ibu Rumah Tangga Harus Tahu.


Tips Bermanfaat Seputar Dapur

Sebagian besar peran seorang wanita atau ibu adalah memasak di dapur. Seorang wanita terkadang tidak bisa lepas dari urusan dapur. Memasak merupakan salah satu bentuk perhatian dan cinta Anda kepada keluarga. Dengan menikmati masakan yang Anda masak, keluarga menjadi lebih harmonis dan memiliki waktu berkumpul bersama.


Namun, seringkali bagi wanita, memasak di dapur bukanlah hal yang mudah, tak jarang para wanita menghadapi berbagai masalah di dunia perdapuran. Tentu beberapa masalah tersebut dapat menggangu aktivitas memasak Anda. 

Berikut ini merupakan 10 Tips Sederhana dan Bermanfaat Seputar Dapur, yang sebaiknya para ibu rumah tangga mengetahuinya. Tentu setidaknya tips berikut ini membantu Anda untuk menghadapi masalah dapur sehingga Anda bisa memasak dengan nyaman.

1.        Kangkung
Akhir-akhir ini telah beredar berita mengenai lintah yang terdapat dalam batang kangkung, yang dapat berkembangbiak di dalam pencernaan seseorang. Tentu hal tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita.
Rendam Kangkung Pada Air Garam Sebelum Diolah
Untuk menghindari terjadinya hal tersebut dan demi keselamatan Anda, sebaiknya simak pencegahannya yang harus dilakukan sebelum memasak kangkung berikut ini. Caranya, pada saat mencuci kangkung tambahkan sesendok garam pada basuhan pertama, kemudian ratakan.
Dengan demikian hewan-hewan kecil yang berkembangbiak dalam sayuran seperti lintah atau cacing akan mati dan keluar mengapung dalam air sisa cucian. Cara ini juga bisa diterapkan pada jenis sayuran lainnya. Anda dapat tetap mengkonsumsi sayuran tanpa harus khawatir.

2.        Telur
Pernahkah Anda mengalami masalah kulit telur yang sulit untuk dikupas setelah direbus? Ternyata ada tips tersendiri untuk mengupas kulit telur. Berikut tipsnya.
Tips supaya tidak sulit mengupas kulit telur adalah sediakan air es secukupnya, masukan telur yang sudah direbus ke dalam air es. Rendam selama beberapa menit.
Selain itu, Anda juga dapat mengetahui apakah telur masih bagus atau busuk dengan menggunakan teknik apung air. Caranya, masukkan telur mentah ke dalam sebaskom air. Jika telur mengapung itu berarti telur sudah busuk dan tak layak konsumsi.

3.        Sayuran
Seringkali kita ingin menyimpan sayuran di kulkas karena ingin dimasak untuk keesokan harinya. Namun, kendala yang sering kita jumpai adalah sayuran mudah layu dan busuk saat disimpan di kulkas. Nah, Anda tidak perlu khawatir. Berikut tips menyimpan sayuran di dalam kulkas.
Caranya, hindari menyimpan sayuran di dalam kantong plastik di dalam kulkas. Hal tersebut akan menyebabkan sayuran tidak mendapat udara dan cepat busuk. Sebaiknya bungkus sayuran dengan kertas koran atau majalah yang bersih. Hal itu akan memperlambat proses pembusukan sayuran di dalam kulkas sehingga sayuran lebih awet.

4.        Tahu
Ingin tahu Anda lebih awet saat disimpan? Berikut merupakan beberapa langkah yang harus Anda lakukan agar tahu menjadi lebih awet.
Pertama, cuci tahu dengan air, lalu siram dengan air panas. Kemudian lap bagian permukaan tahu dengan tissue dapur yang bersih. Lalu, simpan tahu dalam wadah yang kedap udara sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.
Dengan cara tersebut akan membuat tahu Anda menjadi lebih awet dan tetap sehat selama kurang lebih satu minggu di dalam kulkas.

5.        Cabai
Sering merasakan panas di tangan setelah mengupas cabai? Berikut ini adalah tips mengurangi dan menghilangkan rasa panas di tangan setelah memegang cabai.
Caranya, pertama cuci tangan Anda dua hingga tiga kali setelah memegang cabai. Kemudian keringkan dengan lap. Siapkan sekarung beras, masukkan tangan Anda ke dalam tumpukan beras sambil diremas-remas sesekali selama beberapa saat. Setelah itu tangan Anda tidak akan terasa panas lagi.

6.        Kulkas
Kentang MembantuMengurangi Bau Pada Kulkas
Kulkas seringkali berbau tidak sedap akibat ikan atau makanan yang kita simpan di dalamnya. Berikut ini adalah tips menghilangkan bau tidak sedap di dalm kulkas. Cukup sederhana.
Caranya, sediakan beberapa buah kentang. Kupas dan potong kentang menjadi beberapa bagian. Kemudian letakkan kentang di berbagai rak di dalam kulkas. Dengan cara tersebut, kentang akan membantu proses penyerapan bau tidak sedap di dalam kulkas.

7.        Beras
Bagi Anda yang mengalami masalah kutu di dalam beras, Anda bisa menerapkan teknik berikut ini untuk menghindari kutu beras.
Caranya letakkan plastik berisi kopi bubuk pada tempat penyimpanan beras. Berikan sedikit lubang pada plastik berisi kopi bubuk tersebut. Tujuannya agar aroma kopi keluar. Dengan demikian, kutu beras tidak akan menyukai aroma kopi.

8.        Bawang Merah
Agar menghindari mata pedih saat mengiris bawang merah, Anda dapat mengikuti beberapa tips memotong bawang berikut ini. 2 cara ini bisa Anda coba praktekkan di rumah.
Pertama, iris bawang merah di bawah air atau air mengalir. Dengan adanya air dapat membantu melarutkan zat yang membuat mata Anda pedih. Gunakan pisau yang tajam dan cuci atau bilas dengan air sebelum mengiris bawang merah. Tujuannya agar senyawa yang membuat mata pedih berkurang saat memotong bawang merah.
Kedua, gunakan lilin saat memotong bawang merah. Diyakini meletakkan lilin berdekatan dengan saat kita mengiris bawang merah dapat menjauhkan rasa pedih bawang pada mata kita. Atau cara lainnya adalah mengiris di dekat kompor panas. Namun, tetaplah berjaga jarak.

9.        Ikan
Seringkali ikan lengket pada wajan saat menggoreng? Agar terhindar dari hal tersebut Anda dapat menambahkan garam pada permukaan wajan sebelum digunakan untuk menggoreng. Pastikan juga minyak dalam keadaan panas dan jangan sering membolak-balikkan ikan saat menggoreng.

10.    Kunyit
Noda kuning yang sering tertinggal pada panci akibat noda kunyit saat memasak kare, opor atau soto bisa Anda hilangkan dengan tips berikut ini. Terkadang noda tersebut susah dihilangkan meskipun sudah dicuci dengan menggunakan sabun.
Caranya, gunakan baking soda. Campurkan baking soda dengan air secukupnya. Ulangi beberapa kali hingga panci bersih. Kemudian bilas kembali panci dengan air bersih.

Demikian 10 Tips Sederhana dan Bermanfaat Seputar Dapur. Ibu Rumah Tangga harus Tahu. Semoga tips di atas bermanfaat bagi para ibu rumah tangga dan membantu aktivitas Anda di dapur. Pastinya membantu supaya lebih mudah dan membuat nyaman ketika melakukan berbagai pekerjaan perdapuran. Makanan tetap sehat tanpa menghadapi kendala apapun. Selamat Mencoba.

No comments:

Post a Comment

Masukan Kata Kunci yang Anda Cari. Contoh: Resep Ikan, Ayam, Daging, Enak, Mudah, Sayur