Friday, 5 May 2017

12 Manfaat Mengkonsumsi Anggur Untuk Kesehatan, Mulai Dari Migrain, Kanker Hingga Kesehatan Kulit.



Buah Anggur Kecil Kaya Manfaat

Jenis anggur pada dasarnya berjumlah ribuan, namun hanya sekitar 40 jenis anggur saja yang dapat dikonsumsi dan dijual di pasaran. Jenis anggur dibedakan berdasarkan warnanya ada yang hijau, hitam, ungu, biru gelap, kuning bahkan putih. Berbagai jenis anggur itu juga memiliki rasa yang beragam seperti asam, agak asam, manis dan asam manis.

Anggur merupakan buah yang sering kita jumpai dalam sajian buah pencuci mulut. Anggur juga merupakan buah yang dapat diolah dan dimanfaatkan menjadi jenis makanan tertentu. Misalnya dijadikan topping aneka kue, selai, jeli, bahkan berbagai jenis minuman rasa anggur.

Mengapa sebaiknya kita mengkonsumsi buah anggur? Ya, karena anggur merupakan buah yang memiliki banyak kandungan gizi. Mulai dari vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, hingga vitamin K. Tak hanya itu, anggur mengandung kalium yang membantu mencegah gejala stroke dan menstabilkan tekanan darah.

Kandungan antioksidan juga terdapat pada anggur. Antosianin dan proantosianidin bekerja dengan baik untuk melawan kanker akibat radikal bebas serta peradangan dan penyakit degeneratif lainnya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mulai mencoba mengkonsumsi anggur secara rutin. 

12 manfaat mengkonsumsi anggur untuk kesehatan, mulai dari migrain, kanker, hingga kesehatan kulit. Berikut ini adalah penjelasan 12 alasan mengkonsumsi anggur.
  1. Mencegah peradangan.
Anti inflamasi yang terkandung pada anggur berfungsi untuk melindungi dari partikel inflamasi misalnya radikal bebas sehingga mencegah peradangan pada sistem kardiovaskular.

  1. Mencegah pembekuan darah.
Pada anggur berwarna merah dan ungu terdapat kandungan flavonoid dan antioksidan yang tinggi. Fungsinya untuk mencegah terjadinya pembekuan darah serta memperkuat jaringan pembuluh darah, sehingga terhindar dari pembuluh darah yang pecah.

  1. Mencegah kanker payudara.
Pada anggur terdapat zat senyawa Resveratrol yang bertugas menghambat berkembangnya sel kanker atau tumor dalam tubuh. Hal tersebut terutama memberikan manfaat bagi para wanita agar terhindar dari resiko kanker payudara. 

  1. Mengurangi resiko stroke serta serangan jantung.
Kandungan Resveratrol pada anggur juga berfungsi untuk memperbesar pembuluh darah serta mencairkan darah. Jadi, aliran darah dalam tubuh menjadi lancar, mengalir keseluruh tubuh dan jantung. Akibatnya, pasokan oksigen ke jantung meningkat dan mengurangi resiko stroke atau serangan jantung.

  1. Mencegah hipertensi.
Zat Resveratrol pada anggur telah terbukti dapat memperbaiki kerusakan pada sistem arteri dan membantu mencegah hipertensi, sehingga tekanan darah lebih lancar dan stabil.

  1. Mengobati susah buang air besar.
Jus anggur adalah solusi yang tepat bagi Anda yang mengalami masalah pencernaan. Di mana, sistem pencernaan dalam tubuh tidak dapat bekerja dengan baik dalam mengolah makanan, sehingga sisa makanan menjadi susah dikeluarkan. Anggur akan membantu pergerakan usus dalam mencerna makanan sehingga pembuangan sisa makanan menjadi lebih lancar dan stabil.

  1. Memelihara kesehatan mata.
Anggur juga berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang bisa merusak mata, sehingga mencegah terjadinya degenerasi retina. Degenerasi retina adalah pengaruh radikal bebas yang dapat mengurangi daya pengelihatan seseorang. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi anggur dapat membantu memperbaiki dan memelihara keehatan mata Anda. 

  1. Membantu menurunkan berat badan.
Ingin memperoleh berat badan yang ideal? Cobalah untuk mengkonsumsi anggur secara rutin. Anggur befungsi mengurangi penyerapan lemak dalam tubuh sehingga berat badan akan menjadi lebih ideal.

  1. Memelihara kesehatan kulit.
Tidak cocok dengan berbagai obat jerawat pada wajah? Anda bisa mencoba menggunakan bahan alami dengan anggur. Gunakan jus anggur sebagai masker pada wajah. Khasiatnya dapat menghilangkan bintik-bintik hitam dan jerawat karena kandungan antioksidan.

  1. Meningkatkan fungsi kesehatan otak.
Kesehatan otak sangat dipengaruhi dengan asupan nutrisi yang masuk dalam tubuh. Anggur merupakan buah yang mengandung banyak nutrisi dan bermanfaat. Kandungan antioksidan dan Resveratrol bekerja sama untuk meningkatkan daya otak sehingga terhindar dari stress oksidatif hingga kanker atau tumor otak.

  1. Mencegah rambut rontok.
Tidak hanya kesehatan tubuh, ternyata menurut penelitian buah anggur juga bermanfaat untuk perawatan tubuh seperti mencegah rambut rontok. Ekstrak anggur bisa diolah menjadi vitamin rambut yang berguna untuk memperkuat akar rambut. Kandungan antioksidan dipercaya melancarkan peredaran darah hingga kulit kepala sehingga pertumbuhan rambut lebih sehat.

  1. Meringankan sakit kepala sebelah atau migrain.
Memiliki masalah migrain atau sakit kepala sebelah? Jus anggur tanpa banyak air merupakan solusi tepat untuk meredakan rasa sakit pada kepala. Sebaiknya tanpa campuran banyak air agar khasiat anggur lebih cepat bereaksi dalam tubuh untuk menyembuhkan migrain.

Namun, perlu diperhatikan bahwa anggur mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Penderita diabetes disarankan untuk tidak mengkonsumsi anggur secara berlebihan. Apalagi jangan mengkonsumsinya ketika gula darah Anda sedang naik/tinggi. Selain itu, anggur juga bekerja sebagai zat yang menyerap obat-obatan. Oleh karena itu, jangan mengkonsumsi obat bersamaan dengan mengkonsumsi anggur, terutama obat kolesterol, diabetes, obat migrain, pengencer darah, obat darah tinggi, dan antidepresan.

Demikian 12 manfaat mengkonsumsi anggur untuk kesehatan, mulai dari migrain, kanker, hingga kesehatan kulit. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Anda bisa memulai untuk mencoba mengkonsumsi anggur untuk mengatasi beberapa penyakit atau hanya sekedar untuk memelihara kesehatan tubuh kita. Tidak ada salahnya untuk memulai menerapkan gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi anggur.


No comments:

Post a Comment