Wednesday 8 February 2017

Tips Ampuh Cara Menggoreng Ikan Agar Tidak Lengket dan Meletup.



Tips Ampuh Cara Menggoreng Ikan Agar Tidak Lengket dan Meletup.            
Empat sehat lima sempurna, terasa tidak lengkap tanpa kehadiran menu ikan. Ya, ikan merupakan komposisi utama lauk pauk untuk melengkapi gizi kita. Ikan dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan sehingga banyak digemari masyarakat. 

Tips Ampuh Agar Ikan Tidak Lengket Saat Digoreng
Ikan memiliki kandungan gizi yang tinggi dan sangat cocok untuk dijadikan menu sehat keluarga. Kandungan Omega 3, DHA, dan protein di dalam ikan sangat berguna untuk nutrisi tubuh. Oleh karena itu, ikan sangatlah baik untuk dikonsumsi secara rutin untuk segala usia.

Cara mengolah ikan dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu di goreng, dibakar atau direbus. Namun, bagi sebagian orang seringkali muncul masalah dalam pengolahan ikan, terutama saat di goreng. Tak jarang ibu-ibu sangat malas menggoreng ikan karena mudah lengket dan meletup-letup dalam minyak panas. Hal tersebut membuat ibu-ibu merasa tidak nyaman saat menggoreng ikan. 

Jangan khawatir dengan masalah tersebut. Bagi para ibu-ibu yang malas menggoreng ikan karena lengket atau karena masalah letupan minyak panas saat menggoreng, masalah-masalah tersebut dapat segera Anda atasi dengan Tips Ampuh Cara Menggoreng Ikan Agar Tidak Lengket dan Meletup berikut ini. Jadi, jangan enggan untuk tetap mengolah ikan menjadi menu favorit keluarga.

Nah, berikut ini ada beberapa cara atau teknik penggorengan agar ikan tidak lengket dan meletup saat digoreng. Bagaimana caranya? Silakan simak beberapa Tips Ampuh Cara Menggoreng Ikan Agar Tidak Lengket dan Meletup berikut ini.

Tips Ampuh Cara Menggoreng Ikan Agar Tidak Lengket.
1.        Tuangkan Minyak yang Banyak Saat Menggoreng Ikan.
Menuangkan minyak yang banyak pada wajan saat menggoreng dapat membuat ikan menjadi mengambang, sehingga tidak menyentuh dasar wajan. Dengan demikian, ikan terhindar dari masalah lengket pada wajan. Selain itu, ikan dapat matang dengan sempurna secara keseluruhan karena seluruh bagian ikan yang terkena minyak.

2.        Panaskan Wajan Terlebih Dahulu Sebelum Menuangkan Minyak.
Memanaskan wajan setelah minyak dituangkan adalah kebiasaan yang kurang tepat saat menggoreng. Sebaiknya, panaskan terlebih dahulu wajan sebelum dituang minyak selama beberapa menit. Setelah itu, baru tuangkan minyak dan kemudian tunggu minyak hingga panas. Kemudian ikan siap dimasukan untuk digoreng. Hal itu dapat memperkecil resiko lengketnya ikan saat digoreng. 

3.        Ikan Jangan Dibolak-balik Terlebih Dahulu.
Membalik ikan tanpa mengetahui apakah ikan sudah kering atau belum dapat membuat daging ikan menjadi hancur karena lengket. Sebaiknya, ikan yang digoreng boleh dibalik ketika sisi ikan benar-benar kering. Hal itu akan memudahkan ikan untuk dibalik ke sisi lainnya. Dengan demikian, hasil gorengan ikan dalam keadaan daging yang utuh.

4.        Celupkan Telur Sebelum Digoreng.
Untuk beberapa jenis menu olahan ikan dengan tulang lunak seperti contohnya ikan yang dipresto, dapat menggunakan telur sebelum digoreng. Hal itu bertujuan agar ikan tidak hancur saat digoreng. Caranya, kocok telur terlebih dahulu, kemudian celupkan ikan/balut ikan dengan telur. Setelah itu, baru digoreng. Dengan teknik tersebut, dijamin hasil gorengan Anda akan sempurna tidak lengket dan hancur.

Tips Ampuh Cara Menggoreng Ikan Agar Tidak Meletup.
1.        Tambahkan Garam.
Untuk menghindari letupan atau cipratan minyak panas, sebelum menggoreng, taburkan garam pada minyak kemudian panaskan. Setelah itu, baru masukkan ikan ke dalamnya. Teknik tersebut akan mengurangi terjadinya letupan minyak panas.

2.        Tambahkan Jeruk Nipis.
Cara lainnya adalah tambahkan jeruk nipis ke dalam minyak yang sudah panas. Setelah itu, baru masukkan ikan dan goreng hingga kering. Dijamin Anda akan terhindar dari letupan minyak panas saat menggoreng ikan.   

3.        Tambahkan Potongan Jahe.
Tidak hanya garam dan jeruk nipis yang dapat meminimalisir cipratan panas saat menggoreng ikan, jahe juga bermanfaat untuk mengatasi hal tersebut. Iris jahe yang telah dikupas menjadi beberapa bagian kemudian masukkan ke dalam minyak. Tunggu beberapa saat hingga minyak panas, kemudian baru masukkan ikan dan goreng. Anda akan terhindar dari resiko letupan minyak panas.

4.        Tambahkan Tepung Terigu.
Taburkan Tepung Terigu Di Permukaan Ikan Saat Menggoreng
Teknik yang terakhir ini adalah yang paling praktis. Anda tinggal menaburkan kira-kira 1 sendok makan tepung terigu. Panaskan minyak dan kemudian masukkan ikan. Setelah itu, taburkan tepung terigu di atasnya. Dengan demikian, minyak tidak akan meletup-meletup saat menggoreng ikan. Tidak hanya ikan, saat menggoreng ayam atau jenis gorengan lainnya, teknik tepung terigu ini juga dapat digunakan. Tujuannya adalah agar minyak tidak meletup mengenai kulit saat menggoreng. Dan jangan khawatir, tepung tidak akan mempengaruhi rasa dari ikan Anda.

Bagaimana tentang informasi Tips Ampuh Cara Menggoreng Ikan Agar Tidak Lengket dan Meletup di atas? Cukup mudah bukan untuk dicoba? Semoga beberapa tips diatas dapat membantu ibu-ibu di rumah agar terhindar dari letupan minyak yang panas dan ikan yang lengket. Ibu-ibu tetap dapat memasak cantik tanpa takut akan beberapa masalah di atas. 

Dan yang terpenting adalah ibu-ibu tetap memilih ikan sebagai menu favorit untuk keluarga. Karena dengan mengkonsumsi ikan, kebutuhan nutrisi dan gizi tubuh Anda akan terpenuhi. Jadi, jangan malas ataupun takut untuk menggoreng ikan karena semua solusinya ada di sini. Selamat Mencoba!




No comments:

Post a Comment

RAHASIA CARA MEMBUAT AYAM POK-POK GURIH DAN ENAK

Resep Sederhana Dapur Mama (RSDM) – Bagi Anda penggemar jajanan jaman now berikut ini AYAM POK-POK, kini Anda bisa menikmatinya dengan ...