Thursday, 6 April 2017

8 Jenis Makanan dan Minuman Penyebab Perut Kembung.



Pernahkah perut Anda terasa penuh dan kencang? Itu adalah salah satu gejala perut kembung. Gejala lain perut kembung biasanya disertai dengan buang angin berlebihan dan bersendawa. Hal tersebut tentu dapat mengganggu kenyamanan Anda dalam beraktivitas. Sebenarnya hal apa yang menyebabkan perut kembung?

Perut Kembung Terasa Penuh dan Banyak Gas
Penyakit perut kembung bukanlah penyakit yang serius. Namun, jika hal itu sering terjadi sebaiknya konsultasikan pada dokter. Banyak hal yang menjadi penyebab perut kembung, salah satunya adalah makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Perubahan pola makan pada menu makanan dan minuman tertentu dapat mengurangi perut kembung. 

Sebenarnya yang menyebabkan kembung adalah kandungan gas yang berasal dari makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Namun, Anda tidak harus berhenti mengkonsumsi makanan dan minuman tersebut. Hal itu, tergantung dari tingkat sensitivitas perut Anda saat mencerna makanan. Tidak semua orang mengalami kembung setelah mengkonsumsi beberapa makanan dan minuman tersebut.

Berikut ini adalah 8 jenis makanan dan minuman yang menyebabkan perut kembung.
  1. Makanan Berminyak Tinggi Lemak.
Makanan tinggi lemak yang Anda konsumsi dapat memicu perut kembung. Kinerja perut akan melambat ketika mencerna lemak yang Anda makan. Lemak merupakan kandungan terakhir yang tertinggal pada perut untuk dicerna. Lemak dalam jumlah tinggi akan menumpuk pada perut karena sulit dicerna dalam tubuh. Apalagi mengkonsumsi makanan berminyak tinggi lemak, efeknya akan sangat terasa di perut. 

  1. Makanan Olahan.
Makanan olahan merupakan jenis makanan yang telah diolah seperti snack/makanan ringan, makanan kaleng, aneka saus, dan sejenis makanan lainnya. Berbagai jenis makanan olahan tersebut dapat menyebabkan perut kembung. Tubuh akan menyimpan lebih banyak air akibat makanan yang mengandung Natrium tinggi. Hal itu terjadi karena tubuh berusaha melarutkan garam untuk menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

Makanan Kaleng Penyebab Perut Kembung

  1. Makanan Tinggi Karbohidrat.
Roti, beras, pasta, sereal, dan jenis makanan lainnya merupakan makanan yang mengandung karbohidrat. Makanan kaya akan karbohidrat dapat memicu perut kembung karena menyebabkan tubuh menyimpan air tiga kali lebih banyak daripada protein. Untuk mengatasi hal itu, sebaiknya konsumsi makanan berkabohidrat secara cukup dan tidak berlebihan. Lengkapi asupan tubuh Anda dengan makanan mengandung protein seperti ayam, ikan, dan lain-lain. 

Roti-rotian yang mengandung banyak tepung memicu perut kembung
  1. Kacang-kacangan
Sebaiknya hindari mengkonsumsi kacang-kacangan secara berlebihan karena dapat menyebabkan perut kembung. Meskipun kaya serat dan protein, serta menyehatkan, Kacang-kacangan menyebabkan mudahnya terbentuk gas di perut. Kurangi mengkonsumsi banyak kacang-kacangan agar dapat menyeimbangkan kadar gas dalam tubuh.

  1. Sayuran Jenis Kol.
Sayur-sayuran seperti kol, brokoli, kembang kol dan sejenisnya merupakan sayuran mengandung antioksidan dan serat tinggi. Selain itu, juga mengandung gula rendah, tetapi untuk mencernanya cukup sulit. Hal itu menyebabkan produksi gas di dalam perut meningkat dan perut menjadi kembung pada sebagian orang.

  1. Gula Pengganti.
Aneka jenis gula pengganti atau pemanis sintetis seperti mannitol, maltitol, dan sorbitol dapat memicu gas dan perut kembung. Sebaiknya gunakan bahan pemanis yang lebih alami sebagai pengganti gula pasir, misalnya dengan menggunakan madu atau pemanis alami lainnya dalam kadar yang cukup.

Hindari Konsumsi Susu bagi Penderita Intoleransi Laktosa
  1. Susu dan Turunannya.
Sebaiknya hindari untuk mengkonsumsi susu, khususnya pada sebagian orang yang memiliki alergi pada susu atau yang disebut Intoleransi Laktosa. Laktosa merupakan enzim atau gula yang terkandung di dalam susu. Intoleransi Laktosa adalah kondisi dimana laktosa susah untuk dicerna atau diserap oleh tubuh. Hal tersebut dapat menyebabkan perut kembung. Sebaiknya konsumsi susu yang bebas laktosa, artinya bukan berasal dari perahan susu sapi.



  1. Minuman Berkarbonasi.
Minuman berkarbonasi merupakan minuman bersoda. Kandungan soda dapat memicu perut kembung. Untuk menghilangkan soda pada minuman, buka tutup botol selama beberapa menit dan mengaduknya sebelum diminum. Cara lainnya adalah tambahkan es batu untuk mengurangi kadar karbonasi dalam minuman soda.

Demikianlah informasi mengenai jenis makanan dan minuman apa saja yang menyebabkan perut kembung. Namun, tidak semua orang merasakan perut kembung setelah mengkonsumsi beberapa makanan dan minuman diatas. Hal itu tergantung dari kondisi tubuh Anda. Semoga informasi ini bermanfaat untuk mengatur gaya hidup sehat Anda agar terhindar dari perut kembung.

   

No comments:

Post a Comment

Masukan Kata Kunci yang Anda Cari. Contoh: Resep Ikan, Ayam, Daging, Enak, Mudah, Sayur